Jumat, 13 Agustus 2021

PETA MINDA

 PENGERTIAN

adalah skema yang menggambarkan secara ringkas hubungan antara konsep/ kategori terkait dalam bentuk ilustrasi (grafis) hasil pembelajaran. Peta minda juga sering disebut dengan peta konsep.

Jenis jenis Peta Minda

Ada banyak model, berikut ini adalah macam macam peta minda, diantaranya:

  1. Fungsi Circle Map untuk menggambarkan konteks yang berbeda
  2. Fungsi Bubble Map untuk menggambarkan menggunakan kata sifat
  3. Fungsi Double Bubble Map untuk membandingkan dan mengontrak
  4. Fungsi Tree Map untuk mengklasifikasi dan mengelompokkan
  5. Fungsi Brace Map untuk menganalisis seluruh objek dan bagian
  6. Fungsi Flow Map untuk urutan dan pemesanan
  7. Fungsi Multi Flow Map untuk mencari penyeban dan dampak
  8. Fungsi Bridge Map untuk melihat analogi suatu masalah
Gambar Jenis Peta Minda



Menurut Buzan, metode peta minda dapat bermanfaat untuk:


  1. Merangsang bekerjanya otak kiri dan otak kanan secara sinergis. 
  2. Membebaskan diri dari seluruh jeratan aturan ketika mengawali belajar. 
  3. Membantu seseorang mengalirkan gagasan tanpa hambatan. 
  4. Membuat rencana atau kerangka cerita. 
  5. Mengembangkan sebuah ide. 
  6. Membuat perencanaan sasaran pribadi. 
  7. Meringkas isi sebuah buku. 
  8. Menyenangkan dan mudah diingat. 

Cara Membuat Peta Minda

Dibawah ini merupakan cara membuat peta minda.

  • Pertama, tentukan terlebih dahulu bahan bacaan.
  • Tentukan konsep-konsep yang relevan.
  • Urutkan konsep-konsep tersebut mulai dari yang paling inklusif sampai yang paling tidak inklusif atau contoh-contoh.
  • Susunlah konsep-konsep tersebut di atas kertas, mulai dari konsep yang paling inklusif di puncak ke konsep yang paling tidak inklusif.
  • Kemudian hubungkan kosep yang berkaitan dengan garis-garis penghubung dan memberi kata penghubung pada setiap garis punghubung tersebut.
  • Kembangkan peta minda yang telah dibuat tersebut. Contohnya dengan menambahkan dua atau lebih konsep yang baru ke setiap konsep yang sudah ada di dalam peta minda.

Materi ini bisa dilihat dalam video berikut : 




Dan berikut adalah RPP Blended learning untuk pembahasan ini :

Administrasi Pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital

SMK TI PGRI 11 SERPONG

Tahun Pelajaran 2021/2022

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Satuan Pendidikan

: SMK TI PGRI 11 Serpong

Mata Pelajaran

: Simulasi dan Komunikasi Digital

Kelas / Semester

: XI/ 2

AlokasiWaktu

: 2 x 3 JP

Tujuan Pembelajaran

KD 3

KD 4

Setelah mencermati materi dari guru siswa dapat memahami tentang :

1.    Pengertian Peta Minda

2.    Mengumpulkan contoh tentang peta minda

3.    Membuat Peta Minda

3.2 Menerapkan metode peta minda

4.2 Membuat peta-minda

 

IPK 3

IPK 4

3.2.1 Menjelaskan metode peta-minda.

3.2.2 Menguraikan ide menjadi konsep.

3.2.3 Menentukan alternatif solusi pemecahan masalah.

4.2.1 Mengoperasikan perangkat lunak peta-minda.

4.2.2 Membuat peta-minda dari hasil pengembangan ide berdasarkan alternatif solusi.

Materi Pembelajaran

     Metode peta-minta untuk penguraian masalah

     Perangkat lunak Peta-Minda

Model Pembelajaran

Langkah Pembelajaran 

1.   Pendekatan : Sientific

2.   Strategi     : PBL

3.   Metode     : Observasi, Demonstrasi, Diskusi dan Tanya Jawab

Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi peserta didik dan pembelajaran sebelumnya. (religiusitas)

Siswa menyimak dan mencermati informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. (literasi)

 

Mengamati (Stimulation)

·      Siswa mencermati, menganalisis dan mengidentifikasi contoh-contoh Peta Minda yang dibagikan  guru melalui Ms.Teams. (kreatifitas, kritis)

Menanya (Problem Statement)

·      Siswa merespon pertanyaan tentang hal-hal yang berhubungan dengan Peta Minda yang dibagikan  guru sehingga terjadi komunikasi interaktif. (HOT’S)

·      Siswa menyusun pertanyaan tentang Peta Minda

Mengumpulkan informasi (Data Collection)

·      Siswa menuliskan hasil identifikasi tentang sikap dan perilaku mengenai Peta Minda

Mengasosiasi (Verification)

·      Siswa menentukan dan menuliskan Peta Minda Bersama guru,

·      siswa mengidentifikasi hambatan yang dialami tentang Peta Minda

·      Siswa menyimak umpan balik dari guru atas pernyataan mereka tentang  Peta Minda

Mengkomunikasikan (Generalization)

·      Siswa menyempurnakan kembali tentang Peta Minda

 

Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran, merencanakan tindaklanjut dengan merumuskan tugas individu untuk pertemuan selanjutnya.

Siswa dan guru menutup pembelajaran dengan doa, dengan penuh rasa syukur. (religius).

Sumber /Media Belajar

1.   Sumber Pembelajaran :

·      Modul/ LKS  Simulasi dan Komunikasi Digital

·      Internet

2.   Media / Alat Pembelajaran :

·      Laptop

·      Telepon seluler

·      Google Classroom

·      Instagram

 

 

 

Assesment :  Penugasan untuk membuat Peta Minda tentang Komputer

Tangerang Selatan, .............................. 2021

Mengetahui                                                                  Guru Mata Pelajaran

Kepala SMK TI PGRI 11 SERPONG                                                            

 

 

                                                                                                                   

Masfur Siddik, S.Thi                                                                                Indrawati,S.Kom                           

 

SOAL AKM BERKAITAN DENGAN PETA MINDA

SMK TI memiliki 2 Bidang Keahlian yaitu : Teknik Informasi dan Komunikasi, Seni dan Industri Kreatif. Tiap-tiap bidang keahlian memiliki program keahlianmasing-masing. Bidang keahlian Teknik Informasi dan Komunikasi memiliki programkeahlian antara lain Teknik Komputer dan Informatika, dan Teknik Telekomunikasi.Sedangkan Bidang Keahlian Seni dan Industri Kreatif memiliki program keahliandiantaranya Seni Broadcasting dan Film.Berdasarkan deskripsi di atas, buatlah layout peta minda nya !




Tidak ada komentar:

Posting Komentar