PENGERTIAN
adalah skema yang menggambarkan secara ringkas hubungan antara konsep/ kategori terkait dalam bentuk ilustrasi (grafis) hasil pembelajaran. Peta minda juga sering disebut dengan peta konsep.
Jenis jenis Peta Minda
Ada banyak model, berikut ini adalah macam macam peta minda, diantaranya:
- Fungsi Circle Map untuk menggambarkan konteks yang berbeda
- Fungsi Bubble Map untuk menggambarkan menggunakan kata sifat
- Fungsi Double Bubble Map untuk membandingkan dan mengontrak
- Fungsi Tree Map untuk mengklasifikasi dan mengelompokkan
- Fungsi Brace Map untuk menganalisis seluruh objek dan bagian
- Fungsi Flow Map untuk urutan dan pemesanan
- Fungsi Multi Flow Map untuk mencari penyeban dan dampak
- Fungsi Bridge Map untuk melihat analogi suatu masalah
- Merangsang bekerjanya otak kiri dan otak kanan secara sinergis.
- Membebaskan diri dari seluruh jeratan aturan ketika mengawali belajar.
- Membantu seseorang mengalirkan gagasan tanpa hambatan.
- Membuat rencana atau kerangka cerita.
- Mengembangkan sebuah ide.
- Membuat perencanaan sasaran pribadi.
- Meringkas isi sebuah buku.
- Menyenangkan dan mudah diingat.
Cara Membuat Peta Minda
Dibawah ini merupakan cara membuat peta minda.
- Pertama, tentukan terlebih dahulu bahan bacaan.
- Tentukan konsep-konsep yang relevan.
- Urutkan konsep-konsep tersebut mulai dari yang paling inklusif sampai yang paling tidak inklusif atau contoh-contoh.
- Susunlah konsep-konsep tersebut di atas kertas, mulai dari konsep yang paling inklusif di puncak ke konsep yang paling tidak inklusif.
- Kemudian hubungkan kosep yang berkaitan dengan garis-garis penghubung dan memberi kata penghubung pada setiap garis punghubung tersebut.
- Kembangkan peta minda yang telah dibuat tersebut. Contohnya dengan menambahkan dua atau lebih konsep yang baru ke setiap konsep yang sudah ada di dalam peta minda.
Administrasi
Pembelajaran Simulasi dan Komunikasi
Digital
Tahun Pelajaran 2021/2022
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan |
: SMK TI PGRI 11 Serpong |
|
Mata Pelajaran |
: Simulasi dan Komunikasi Digital |
|
Kelas / Semester |
: XI/
2 |
|
AlokasiWaktu |
: 2 x 3 JP |
|
Tujuan
Pembelajaran |
KD 3 |
KD 4 |
Setelah mencermati materi dari guru siswa dapat memahami tentang : 1.
Pengertian Peta
Minda 2.
Mengumpulkan contoh
tentang peta minda 3.
Membuat Peta Minda |
3.2 Menerapkan metode peta minda |
4.2 Membuat peta-minda
|
IPK 3 |
IPK 4 |
|
3.2.1 Menjelaskan
metode peta-minda. 3.2.2 Menguraikan ide
menjadi konsep. 3.2.3 Menentukan
alternatif solusi pemecahan masalah. |
4.2.1 Mengoperasikan
perangkat lunak peta-minda. 4.2.2 Membuat
peta-minda dari hasil pengembangan ide berdasarkan alternatif solusi. |
|
Materi
Pembelajaran |
● Metode peta-minta untuk penguraian masalah ● Perangkat lunak Peta-Minda |
|
Model Pembelajaran |
Langkah Pembelajaran |
|
1. Pendekatan : Sientific 2. Strategi : PBL 3. Metode : Observasi, Demonstrasi, Diskusi dan Tanya Jawab |
Siswa merespon salam dan
pertanyaan dari
guru berhubungan
dengan
kondisi
peserta
didik dan pembelajaran
sebelumnya. (religiusitas) Siswa menyimak dan mencermati informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
(literasi)
Mengamati (Stimulation) ·
Siswa mencermati, menganalisis dan mengidentifikasi contoh-contoh Peta
Minda yang
dibagikan guru melalui Ms.Teams.
(kreatifitas, kritis) Menanya (Problem
Statement) ·
Siswa
merespon pertanyaan tentang
hal-hal yang berhubungan dengan Peta Minda yang dibagikan guru sehingga terjadi komunikasi
interaktif. (HOT’S) ·
Siswa menyusun pertanyaan tentang Peta
Minda Mengumpulkan
informasi (Data Collection) ·
Siswa menuliskan
hasil identifikasi tentang sikap dan perilaku mengenai Peta
Minda Mengasosiasi
(Verification) ·
Siswa menentukan dan menuliskan Peta Minda Bersama guru, ·
siswa mengidentifikasi hambatan yang
dialami tentang Peta Minda ·
Siswa menyimak umpan balik dari guru atas
pernyataan mereka tentang Peta Minda Mengkomunikasikan
(Generalization) ·
Siswa menyempurnakan kembali tentang
Peta Minda
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran, merencanakan tindaklanjut dengan merumuskan tugas individu untuk pertemuan selanjutnya. Siswa
dan guru menutup
pembelajaran
dengan
doa, dengan
penuh rasa syukur. (religius). |
|
Sumber /Media Belajar |
||
1. Sumber Pembelajaran : ·
Modul/
LKS Simulasi dan Komunikasi Digital ·
Internet 2. Media / Alat Pembelajaran : ·
Laptop ·
Telepon seluler ·
Google Classroom ·
Instagram
|
||
Assesment : Penugasan untuk membuat Peta Minda tentang Komputer |
||
Tangerang
Selatan, .............................. 2021 Mengetahui Guru
Mata Pelajaran Kepala SMK TI PGRI 11 SERPONG
Masfur
Siddik, S.Thi
Indrawati,S.Kom |
SOAL AKM BERKAITAN DENGAN PETA MINDA
SMK TI memiliki 2 Bidang
Keahlian yaitu : Teknik Informasi dan Komunikasi, Seni dan Industri Kreatif. Tiap-tiap bidang keahlian memiliki program keahlianmasing-masing.
Bidang keahlian Teknik Informasi dan Komunikasi memiliki programkeahlian antara
lain Teknik Komputer dan Informatika, dan Teknik Telekomunikasi.Sedangkan Bidang Keahlian Seni dan Industri
Kreatif memiliki program keahliandiantaranya Seni Broadcasting dan
Film.Berdasarkan deskripsi di atas, buatlah layout peta minda nya !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar